Lama tak ku sentuh ..

Wah ternyata sudah satu tahun sembilan bulan tak kusentuh blog ku ini .. kangen juga .. padahal banyak cerita yang menarik dalam jalan hidupku ini dan informasi perkembangan jepun terkini .. mulai sekarang ku kan berusaha slalu update .. がんばろう。。

tuk sementara ku kan mulain beberapa info awal tahun 2011 ..

Natsu yasumi

Liburan musim panas tahun ini, tanggal 13-16 Agustus 2009. cuaca bersahabat, ga seperti gosipnya di jepun kalo musim panas pada bulan agustus di kabarkan sampai 40C… untung kali ini suhu max Cuma ampe 33C…kimochiii…

Pada liburan musim panas kali ini pada sibuk masing-masing. Aku Cuma tiduran n net dirumaaah…huhuuhuhu….mau jalan sendiri kluar kota … gaji lum terima.. eh tiba-tiba Toshi Taka san telp aku..”minggu ada acara ga? Bagaimana kalau jalan2” wah dengan penuh semangat aku menjawab obrolan tentang acara minggu..karna Toshi Taka san lom tau rumahku..janjian ketemuannya di DeoDeo. jam 10am.speda aku parker disana..kita jalan bareng pake mobil dia…wuuur…perjalanannya ternyata jauh juga..memakan waktu 1,5 jam. Tujuan pertama ke gunung Takahashi. Pemandangannya indaah..suasana kota lama. Banyak rumah2 jaman Edo…gila..dah ratusan taun masih kokoh berdiri… di daerah Okayama kurashikishi daerahnya jarang ada gempa seh… jadi alhamdulillah aman2saja. Banyak rumah tradisional yang menyimpan banyak benda jaman dulu yang di pajang rapi.. dari foto, lukisan, tulisan, desain ruangan, dapur tempo dulu, perabotan, dll.. wow.. amazing …

antik

bjana

asscrs

dapur

futistikie

lukisan

michi

setelah semua terjamah.. jam 1 pm sang perut dah maen alunan musik keroncongan… maka mata tertuju pada restoran udon… pesen udon panas n dingin .. enaak juga..hehehe..

makan

makan2

berhubung perut dah kenyang.. tujuan tour wisata kedua adalah air terjun dan gua, yang terletak di Niimi. Pemandangannya sangat natural… di daerah Takahashi dan Niimi banyak terjajar perbukitan dan tebing2. di Niimi ada tebing menjulang tinggi dan besar.. terdapat air terjun persis ama “Grojokan sewu di Tawangmangu.. huhuhu..”

gua5gua6

di dalam tebing itu terdapat pula gua yang panjang dengan tanjakan yg tinggi dan turunan yg curam. Stalagmite n stalagmite tak terelakkan menghiasi nan mendekorasi dinding2 gua..wow…jadi teringat pada Gua Gong di Pacitan hampir sama..tapi lebih indah dan bersih disini. Sebelum masuk gua harus melewati jembatan yang agak panjang. Karna tebing ini di batasi oleh sungai yang panjang-dangkal-berbatu dan lebar. Dari jembatan turun menuju mulut gua.. yang pada hari itu suhu skitar 30 C pas di depan mulut gua langsung terasa..mak Nyeees…sejuuuk-dingin-damai… langsung disuguhi indahnya dekorasi stalagmite-stalagmite .. wow. Di dalam terdapat mata air nan jernih yang mengalir terbentuk selokan. Tetesan air pun banyak tertetes di tengah2 alur gua.

guagua3

gua2gua4

Di penghujung lorong gua..terdapat area tera (semacam tempat untuk berdoa) yang disebelahnya terdapat mesin kotak merah, dengan memasukkan koin 100 yen kamu akan dapatkan ramalan keberuntungan kamu ditahun ini.. aku dikasih koin ama Toshi buat coba.. ya udah dengan membaca Basmalah klunting..koin masuk..lipatan kertas keluar dari lobang bawah.. lagi-lagi KANJI.. wakaranai.. aku suruh ngartiin aja ama Toshi…huhuhu… dan ternyata apa kata ramalanku ?? (à maap … rahasia..hehee) kalo beruntung kertas ramalan dilipat kembali disimpan didompet ampe akhir tahun. Kalo lom beruntung kertas di lipat panjang di kaitkan pada tali deket tera. Agar kesialan ilang…

tera gua

Kluar gua.. suhu terasa hangat..akhirnya pandangan kami terpusat pada took eskrim..hehehe..akhirnya beli daah…tapi saking kebanyakan pilihan jadi bingung meh beli yang mana…huhuu..akhirnya pilihanku tertuju pada eskrim rasa bara (.red: bara = mawar), kalo si Toshi pilih yang banana..es krim dinikmati di pinggir sungai sambil leper batu dengan gaya mentul-mentul kalo benturan ama permukaan air sungai..hahaha.. menyenangkan. Giliran eskrim dah habis.. waktunya kami menuju ke sasaran ketiga.. yaitu Tera Kurashiki..

tera2

tera1

banyak sekali tempat yang menarik…dari makanan hingga pemandangan. ternyata sungguh menyenangkan tinggal disini..

michi2

Terima Kasih semuuuaaaaa…..

Akhirnya “Kenaaa….deeeech”

Hari ini Rabu 15 Juli 2009. seperti biasa jam 8.05 am brangkat kerja…cuaca puanaaas bgt..kmrn ja pulang kerja suhu kamar ampe 36 C…hmmmm. balik ke kaisha..nyampe jam 8.13 am..langsung keringetan..bener2 panas. puuuufh.. senpuki (tipas angin) langsung dinyalain…masih aja tetep panas. tapi mulai jam 11 am cuaca mendung..kimochiiiiii..sizushii ne .. jm 12 pm malah hujan. seger. dari pada panas mending khujanan gpp..pulang makan trus kerja di Dai ichi zario o kattoshimashita.  selesai jm 4.15 pm balik lagi ke dai ni. di tengah perjalanan pas didepan Dentis..aku lihat mobil polisi…eee.ee. malah polisinya ikut liat aku..aku santai aja..lewat perempatan lampu merah pas ijo luruuus…dengan santainya…dah hampir nyampe perempatan lampu merah ke dua aku liat mobil polisnya eee… ternyata mereka tadi belok ikuti aku to… mobilberhenti trus polisnya kluar, jalan kaki nungguin aku…aku belok aja di gang tengah sawah..ktutup stock house gak kliatan..he..he..he.., polisnya nyariin aku..hihiihi..lucu..dia jalan ke jalan tembus gang yg ku lewati, yaaaaah….KENAAA….DEEEEECH….aku di panggil dah. aku hormat..siap. aku bilang Police desu ne??…(geblek..jelas-jelas polisi masih tanya..maklum seragame gak keren babar blas..kayak karyawan pabrik..hihi). ternyata hari ini ada pengecekan orang ganteng n macho…hahaha… pertama aku di tanya dari negara mana, trus cek KTP. dah gitu polisnya ngajak ngobrol..eee…ee.. pake English..bisa juga dia. spontan aku balas. WOW..anatano eigo ga jouzu dese ne..sugoi (dari pengamatanku sejak datang di jepun januari lalu ampe sekarang..org jepun senang bgt kalo dipuji..parahnya lagi kalo aku lupa muji mereka..meraka muji sendiri..hahaha..aneh). kaisatsu ni hajimete au desu yo..aku bilang gitu..hehe..nyengir dia..lucunya lagi dia tanya aku lagi libur ya? yeee…emang ga liat aku pake sepatu n clana kerja..atasannya seh pake kaos..hehehe..ngobrol banyak ngalor ngidul. sedangkan polisi yg satunya lg sibuk cek NOTEL alias nomor onthel..ke kantor pusat (speda onthel di jepun semua ada nomor polisinya). dah gitu aku gantian tanya dia..namae wa.. imanishi.. aku be gaya kaget.. ‘eee.. imanis desu ne.. sono tanggo wa indonesiago ga aru yo.. nihonggo de “hansamu” (lagi-lagi aku puji dia..jane .. hueek soooorrrr). kalo yg satunya namanya nose san. karna ada sesuatu yg ganjal ama onthel ku akhirnya mereka tergiring ke perusahaan tempat aku kerja. minta ktemuan ama sacho..aku bawa wke jimusho pas pintu .. eeeeeh..sacho kluar langsung kaget aku di temeni 2 org polis..hehhe..lucu…blablabla….mereka ngobrol. aku ga peduli apa yg di obrolin masalah onthel..dah slesai..sacho nyuruh aku nglanjutin kerjaan..aku cuek aja. liat si imanishi yg lg ragu buka pintu mobilnya langsung aku samperin aku ajak ngobrol lagi..hehehehe…tomodachi naru..aku tanya kapan libur tar jalan bareng ya…wah dianya ga da hari libur tugas terus..hmmm..tar  kalo kita ketemu di jalan kamu sapa ya..kata polisnya.. ya..kalo ingat ya..gitu dah..hahaha sambil becanda.
policedisela-sela checking..aku minta ambil pic bareng..hehehe.. salah sendiri polis yg ramah..hehehe..

Waaaa..pertamakali mabok di jepun

Setelah kemaren dapet undangan ekuni san…buat acara pesta osake o nonda… alias mendem.. akhirnya tiba saatnya hari ini juga kamis tanggal 18 June 2009. selepas kerja jam 5.30 pm kulihat ekuni san melintas didepan perusahaan… wah dia dah siap2 neh… dan aku jam 5.35 pm baru masukin time card..akhirnya coluut dah…langsung mluncur ke tanbo. hebat ya..napa orang jepang selalu tepat waktu.. sedang kita2 indonesian people…selalu melekat jam karet..hmmmm..header

aku tiba di pinggir sawah tempat dia parkir mobilnya..dan bantuin persiapan pesta dah.. gelar tiker n sajen komplit alias jamuannya..hehe..setelah semua siap..tak lama kemudian temen2 ekuni san..datang.. ada Kaihara san, fuji san, morita san,, dan laen2 lupaa… lalu mulai dah..

ekuni san no tomodachi

aneh sekali hari ini…bagaimana tidak…baru 3 gelas kepala udah nyuuut..nyuut… cepet skali i got drunk. yang kuminum carlo rossi impor dari California .. terkenal juga seh di jepun… hmm tak biasanya di Bekonang dulu..yg notabene tiap malem minum ciu bekonang di perempatan rame2. mungkin karna udah hampir 1 thn ga minum ya..buat persiapan ke jepun dulu..hmmm .. ato carlo rossi ini tinggi kadarnya?? tapi bagus juga entah akibat minum ngobrol jepun n english ku jadi lancaaaar..kehkehekehe….lama juga acara minum2 tiap slokiku abis slalu di isi ama ekuni…woooow.. keiko desu… tetep ae.. di isi…

carlo rossi

sunset

..ampe matahari tenggelem jam 7.25pm, ku akhiri pestanya dan akhirnya pada pulang dah.. aku selalu di tanya “jitensha de daijoubu???” aku jawab “daijobu janaiiii…yoooo.. iya-iya..joudan..OK daijobu desu..hahhhahaa”… aku dapet hadiah dari ekuni san sebotol iichiko 300 ml. ada slogannya “enjoy its polished, refreshing flavor and its pure crystal clarity”.

iichiko

katanya seh ini wain alias minuman beralkohol yang terkenal di jepun..waaaa…ureshinaaa. sebelum pulang mampir dulu di perusahaan..karna kulihat temenku Katayama san masih lembur..sambil sempoyongan ngobrol n becanda ma dia..sebenarnya istirahat seh..masih pusing..pura2nya becanda hahahahahaha…..aku heran..napa bahasa jepunku jadi lancar..hmmm

Hajimete kaminari mita

1 copy

Rabu 17 juni 2009… paginya cuaca sedikit cerah agak berawan… sempat bertemu ekuni san n besok selepas kerja  mo ajakin minum wain di pinggir tanbo (sawah) rame2… aku ya langsung jawab..”wow..thatz great.. its must be fun.. ok ill be there” … tapi setelah beberapa jam cuaca berubah mendung n hujan rintik2. disertai angin lumayan kenceng seh..dan yang paling menarik, baru kali ini aku melihat n mendengar kilat di jepun..ga seperti biasanya. sejak januari kalo hujan rintik2..lembut angin sepoisepoi…seolah olah sang hujan ramah kepada aku yang baru datang…hehhe…

dalam seminggu ini baru sekali kilat menyambar2 dengan suara gumuruh yg hebat. dagdigdug juga seh..pasalnya disekitar perusahaan areal persawahan… dan beberapa menit kemudian… shobosha hiruk pikuk lalu lalang didepan perusahaan. ternyata sang Kaminari (kilat) menjulurkan lidahnya disalah satu sekolahan smu di Kurashiki..tepatnya smu kawasaki. untuk ga ada korban..katanya seh kebakaran. hmmmm…

Musim Tanaaaaaaam neeeh..

Sabtu pagi 13 Juni 2009, sejak subuh mendung….sisa-sisa gerimis semalaman. Hari ini aku harus bangun pagi … berharap cuaca bagus. Karna ada janji ama Ekuni San tanam padi. Hari ini temen2 Ekuni San pada kumpul. Aku dapet giliran tanam padi paling awal jam 7.30 am. Dapet jatah satu petak sawah bareng ama cewek “Naoko San” bodi ideal, rambut panjang (abis karmas bau wangi .. hehe), pake kaos panjang merah. Dia ngajari aku pake traktor penanam padi bediri disampingku pegangan erat….deket..wangi..hehehe.. tapi agak pendiem dikit. Dateng diantar bapaknya..tp sayangnya selesai tanam keburu kabur.. ada acara kluarga di Fukuoka.

naoko

Oiya bicara sawah ya… sebelum acara tanam padi setiap petak sawah udah ada papan namanya masing2… lucunya namaku ditulis Sigito Sucahyo .. weewee.. aku bilang aja ama Ekuni san, “namaku Sigit bukan Sigito, o ga pake yoooo..” paginya aku liat we’e’e papan nama udah diganti. “Sigit Sucahyo n Naoko” hehe.. sampe segitunya…

papan

papan2

ada lagi neh papan nama temen yg laen

hokinkansas

kira-kira 45 menit aku n Naoko selesai tanam padi. Wah ternyata susaaah pake traktor ini padahal kelihatannya gampang. Gimana tidak, sekali goyang dikit ee.e.ee barisan padi ka ga lurus,, abisnya langkah pertama yg ambil Naoko seeeh..ga lurus aku ngikut aja..hehehe.. padahal pengoprasian alat ini mudah.

12345

Kira2 jam 9 am temen2 Ekuni San pada dateng. Org jepang yg abis pulang dari US, ada bule Australia juga si Houkins… Wah rame2 garap padi .. asik coy.. akhirnya jam 12 pm “RoLaSaaan” istri Ekuni San dateng bawa banyak makanan bareng ama 2 cucu Ekuni San.. n temen2nya. Tanoshikatta.. nah makan bareng dah nasi bungkus n bekel laennya..enak oi..

makan

Jam 2.30 pm aku pamit pulang..karna blom sholat..hehe.. n clana dah kena Lumpur pa lagi sandal..oih.. ampe sekarang ja lom aku cuci..hehe..

Momo ohanami

Setelah minggu kemarin Ohanami sakura, sekarang giliran Momo Ohanami (buah yg terkenal di jepang) dan buahnya akan masak kira2 bulan september. Jm 8.45 am berangkat dari apato ke nakashou eki. Nunggu temen2 akhirnya dapet densha jm 09.45 am. Di eki (stasiun) banyak cewek cantik nan seksi pake rok minim..wew..lagi2 godaan iman (maklum belum terbiasa alias anak baru dateng di jepang..hehe).

Hehe…hehe..sukebe hito ni naru..khakha..

Akhirnya jm 10.30am nyampe di stasiun Shin Kurashiki eki, dijemput panitia, menuju kebun buah momo. Disini ada peringatan jgn menyentuh bunga momo, karna mudah rontok…. Ada tulisan jaga jarak 2m dari pohon. Hmmm..

peserta dari berbagai negaraippai ne

Banyak peserta yg ikut dalam acara ini, amerika, china, philiphine, indonesia dan jepang tentunya. Ohanami momo kali ini yg paling dominan indonesia. Paling banyak pesertanya. Ga usah repot2 bawa bento alias makanan n minuman, disini udah dikasih ama panitia, khusus bagi kensusei Indonesia..(hehe..asik juga) yg penting butaniku ja nai, demo biru houga ii. Apalagi obachan2 umur ada yg lebih 80th masih girang. Sampe si sartono jadi korbannya..khakhakhaaa…dapet ciuman mauuuut.

Tapi yg paling parah si Hery..bagaimana tidak dia sehari mampu menghendle 3 cewek cantik2.dengan jurus mautnya “Gaya Gendong Depan”..hmmm..hebat juga tenaga telor..tp sampe yg ke-3 Hery lemes juga..hahaha..BRAVO HERY KUN.

in actionWeees…pokoknya lucu2 liat tingkah laku temen2 yg pada sok PeDe. Banyak juga yg sok jd foto model, sok gaul, sok imut, sok payu..sok…sok..dll,,,,hehe…gomen ne.

aku bagai pesawaaat

Tapi aku seneng ama temen2 semua,,,deket dengan mereka jadi senang, hilangkan duka laraaa. Maaari lah kemari..hei..hei..hei…heeeiiiiiii…hei kawan…